Jaga Integritas, Kewajiban, Kode Etik Selaku PNS

BATANGHARI – Wakil bupati kabupaten Batanghari, Hj Sofia Joesoef SH kemarin menegaskan, bahwa sebagai Pegawai negeri sipil (PNS) peran saudara-saudara begitu penting dan sangat strategis serta menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan dalam rangka mewujudkan cita-cita  dan tujuan pembangunan.

Menurutnya, sosok PNS harus mampu memainkan peranan tersebut. Oleh karena itu, kita harus mempunyai kompetensi yang mumpuni serta memiliki disiplin yang tinggi, kinerja yang baik serta sikap dan prilaku yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada Negara dan pemerintah dimana yang bersangkutan bernaung.

Ini disampaikan Wabup Batanghari, Hj Sofia Joesoef SH yang mewakili bupati Batanghari pada Apel gabungan upacara bendera di halaman kantor bupati Batanghari, Senin (22/2) kemarin.

Dikatakannya, selain sebagai aparatur Negara, suadara-saudara harus bermoral dan bermental baik, professional, sadar akan tanggungjawabnya sebagai pelayan publik. Adil dalam kewajaran dan mengutamakan kepentingan bersama serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya.

Selanjutnya, disiplin kerja yang tinggi dan mental serta moral yang baik, merupakan modal penting yang harus dimiliki oleh aparatur Negara. Sebab, hal ini menyangkut perannya sebagai abdi Negara, pengayom masyarakat dan pemberi pelayanan terhadap publik.

“ Sebagai pelayan masyarakat kita harus bekerja ikhlas dan tuntas serta senantiasa menjaga agar tidak melukai hati masyarakat. Suatu hal penting dan wajib saudara-saudara sadarai, bahwa kita ini ada, karena ada masyarakat yang harus kita layani,” sebutnya.

Jauh dikatakannya, selaku aparatur pemerintah mestinya kita dapat menjadi teladan dan panutan bagi masyarakat secara keseluruhan. Prinsip ini semestinya tetap melekat dan terdoktrin pada setiap pribadi PNS di sepanjang waktu. Hal ini adalah penting untuk selalu kita jaga, agar kita tetap memiliki kridibilitas yang dapat dipercaya masyarakat. Sehingga masayarakat dapat mentaati dan menghormati peraturan perundang-undangan yang kita tegakkan.  Adalah sangat ironis bilamana di tengah masyarakat justru kita sendiri yang lebih dominan melakukan pelanggaran hukum, berdisiplin buruk, beretos kerja rendah dan bermoral kurang terpuji.

“ Oleh karena itu, jaga integritas, kewajiban, kode etik selaku PNS dan tegakkan serta jalankan peraturan perundang-undangan secara taat dan patutu di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.

Oleh: Syahreddy Jurnalis
http://m.jambidaily.com/pages/redaksi// Harian Cetak Tanjab Ekspres ( Group Jambi Ekspres)

Iklan