Ketua DPDR Batanghari, Dukung Pemekaran Desa

BATANGHARI – Ketua DPRD Batanghari, Mahdan, S.Kom mendukung pemekaran desa pada setiap kecamatan dalam Kabupaten Batanghari. Pemekaran desa menurut Mahdan merupakan salah satu langkah dalam percepatan pembangunan perdesaan.

“ Saat ini cukup banyak desa di Kabupaten Batanghari yang layak dimekarkan. Sayangnya, usulan itu sangat minim,” Kata Mahdan, Ketua DPRD Batanghari.

Mahdan menyebut, dirinya cukup rutin mengulas materi pemekaran pada acara musrenbang desa. Materi ini sengaja dibahas agar pemikiran warga maupun para aparatur desa semakin matang terkait rencana pemekaran.

“ Saya sering hadir di musrenbang desa.  Bagi desa yang sudah layak, selalu Kita bahas tentang materi pemekaran desa. Cuman, responnya kurang,” sebut Mahdan.

Data yang diterima Mahdan, Desa yang mengusulkan pemekaran pada tahun ini cuman Desa Panerokan, Kecamatan Bajubang. Dia berharap desa yang sudah memenuhi syarat mau mengikuti jejak Desa Panerokan.

“ Tahun ini cuman Desa Panerokan yang mengajukan. Harusnya Desa Bungku juga mengusulkan. Desa ini terlalu luas dan penduduknya juga sangat banyak,” bebernya.

Menurut Mahdan, pemekaran desa akan membawa dampak positif terhadap pembangunan. Terutama dalam mendekatkan pelayanan masyarakat yang selama ini terkendala geografis, infrastruktur dan sarana penghubungan yang masih minim.

“ Dari sisi ekonomi, pemekaran akan mempercepat pembangunan. Desa akan mendapat alokasi anggaran dari pemerintah, seperti ADD dan Dana Desa dari pusat,” ucapnya.

Adnan, Kepala BPMPD Batanghari sependapat dengan Ketua DPRD Batanghari. Mantan kepala Dukcapil Batanghari turut mendukung desa untuk melakukan pemekaran. “ Kita terbuka menerima usulan, pada prinsipnya Kita mendukung,” Kata Adnan.

Dikatakan Adnan, Syarat menjadi desa minimal memiliki penduduk 800 KK. Di wilayah yang diusulkan tersedia sarana dan prasarana pemerintah seperti sekolah dasar, pustu dan mesjid. “ Tidak ada batasan soal luas wilayah. syaratnya cuman jumlah penduduk serta sarana dan prasarana,” bebernya.

Adnan berharap bagi desa yang telah memenuhi ketentuan tersebut diminta agar mengajukan usulan ke BPMPD melalui kecamatan terkait. BPMPD dipastikan akan memproses usulan pemekaran sesuai dengan tahapan dan aturan berlaku.#

Oleh: Syahreddy Jurnalis Batanghari

Iklan