Hingga 4 Tahun Kedepan Batanghari Kekurangan PNS Sebanyak ini

BATANGHARI  Diperkirakan di Kabupaten Batanghari jumah Pegawai Negeri Sipil (PNS) setiap tahun akan terus beekurang baik dari kalangan guru maupun  hingga tenaga kesehatan. Kekurangan PNS itu bukan hanya terdapat di jabatan funsional. Namun juga dari jabatan fungsional khusus. ” Sebanya 270 PNS akan berkurang sampai tahun 2020. Kekurangan ini disebabkan banyak yang sudah masuk usia pensiun. Ungkap Kaban BKPPD Batanghari Moh Rifai kemarin kepada wartawan ini.

Mengatasinya, tahun 2016 ini pihak Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Batanghari sudah mengajukan e-formasi ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Berdasarkan analisa jabatan dan beban kerja, kami sudah mengajukan ke pihak BKN untuk penambahan CPNS di Kabupaten Batanghari,” katanya.

Namun meski sudah mengajukan jumlah ideal disesuaikan dengan kebutuhan, yakni sebanyak 3.000 formasi, namun keputusan tetap dari pusat.

“Tugas kami mengajukan, nanti yang dikabulkan berapa formasi merupakan keputusan BKN pusat,” lanjutnya.

Keseriusan untuk mengajukan formasi ini, menurut Rifai bisa dilihat dari kesiapan anggaran yang dilaokasikan untuk pelaksanaan Tes Komponen Kemampuan dasar (TKD) maupun tes kemampuan bidang selain dari berkas (administrasi).

“Anggaran sudah disiapkan, dan ini menunjukkan keseriusan pemerintah Kabupaten Batanghari untuk penambahan CPNS,” imbuhnya.

Pengajuan penambahan CPNS ini sendiri, merupakan penambahan pertama sejak tahun 2010 dan penambahan PNS hanya dari Kategori 1 (K1) dan K2 yang belum lama berlangsung. “Sudah 5 tahun tidak ada penambahan PNS di Pemkab Batanghari,” ujar Rifai.

Kebutuhan paling banyak dari jabatan fungsional khusus (guru dan tenaga kesehatan), sementara untuk fungsional umum (administrasi) di kantor camat maupun instansi lainnya tetap diperlukan juga.

“Formasi lain, yakni fungsional umum tetap dibuka karena memang kekurangan,” ujarnya.

Sementara pengumuman dari pemerintah pusat, terkait pengajuan penambahan CPNS ini, Rifai mengatakan jika pihaknya belum bisa memberikan kepastian. Namun biasanya di bulan Mei atau Juni, sudah diumumkan. “Berapapun formasi yang disetujui pusat, itulah yang akan diterima Kabupaten Batanghari untuk penerimaan CPNS,” tutupnya.

Iklan